Popular Post

Popular Posts

About

Posted by : adelia nursita sari Selasa, 18 Oktober 2016

    Bisnis
A. Pengertian Bisnis
  1. Bisnis merupakan sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan uang dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen. [Allan Afuah; 2004]  
  2. Bisnis merupakan sesuatu yang diciptakan untuk menghasilkan produk barang dan jasa kepada pelanggan. [Jeff Madura; 2001]
  3. Bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industry yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka. [Glos, Steade & Lowry; 1996]
  4. Bisnis yaitu aktivitas-aktivitas yang terorganisir untuk menghasilkan barang dan jasa dengan bertujuan untuk mendapatkan laba. [Pengantar Bisnis, Sri Wiludjeng; BAB I : 2]
          kesimpulannya adalah Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau uang yang saling menguntungkan dan memberi manfaat pada bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.


B. Karakteristik Bisnis
  1. Kompleksitas dan diversitas : kompleksitas yaitu tingkat kerumitan dari hasil suatu barang,jika barang tersebut dengan tingkat kerumitan yang cukup tinggi maka barang tersebut akan mahal harganya seperti halnya dengan jasa seseorang,jika orang tersebut semakin berkualitas, mempunyai pengetahuan yang tinggi dan sangat memuaskan maka jasa akan semakin mahal harganya. Diversitas adalah penganekaragaman suatu produk/barang dari sebuah perusahaan, maksudnya adalah apabila sutu perusahaan mempunyai 5 macam produk barang yang ingin dijual, jika ada dua barang yang kurang memuaskan para konsumen dan barang tersebut samakin turun untuk dikonsumsi bahkan tidak laku maka perusahaan tersebut memiliki tiga barang yang masih bisa d’jual dan membuat barang tersebut menjadi sangat berkualitas dan bahkan konsumen melirik barang tersebut, dan barang tersebut melonjak tinggu, jadi perusahaan tersebut tidak mati akibat tidak adanya diversivikasi.
  2. Saling bergantungan contohnya seperti jam tangan yang sering kita pakai atau kita gunakan dengan batu batreii, misalkan jam tangan tersebut mati atau batreinya habis maka konsumen membeli batu batrei tersebut untuk menghidupakan kembali jam tangannya. Jadi yang dimaksud dengan saling bergantungan adalah apabila perusahaan ingin mendaoatkan hasil yang maksimum maka perusahaan menjual barang dengan barang yang saling bergantungan seperti halnya jam tangan dengan batu baterai seperti contoh diatas.
  3. Perubahan dan inovasi adalah proses pembaharuan produk dan barang tujuannya agar konsumen tidak bosan dengan barang yang dijual oleh perusahaan tersebut. Biasanya perusahaan merubah produk dengan membaharui tampilan atau membuat produk baru untuk menarik para pelanggan atau konsumen yang lain.
       
C. Peranan Bisnis dalam Kehidupan Masyarakat
        Bisnis sangatlah berperan besar dalam kehidupan masyarakat, baik yang mempunyai perusahan perorangan, perushaan persekutuan atau bahkan dalam kehidupan pribadi. karena tanpa kita sadari kita mungkin pernah melakukan bisnis walaupun 'kecil-kecilan' tapi tanpa menghapus arti inti dari bisnis yang berarti melakukan kegiatan yang menghasilkan keuntungan.

        Bagi saya pribadi setiap orang mungkin ingin melakukan bisnis agar mendapatkan keuntungan, tetapi itu tergantung dari tekad dalam dirinya sendiri dan juga tentunya modal yang ia punya pada saat akan mengelola bisnis tersebut. karena bisnis juga dapat meningkatkan profit dan meningkatkan kemakmuran hidup pemiliknya siapa yang tidak mau melakukan kegiatan berbisnis ini. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti itu, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

        Tidak dapat kita pungkiri lagi apabila berbisnis banyak keuntungan yang kita dapatkan tetapi sebanding juga dengan resiko yang akan kita ambil, untuk karena itu setiap apapun yang kita lakukan hendaknya di lakukan dengan tekad yang kuat dan juga usaha karena segala sesuatu bahkan kesuksesan tidak datang tiba-tiba, sedikitnya kita bisa mempelajari ilmu bisnis agar bisa menguntungkan diri sendiri bahkan bisa mensejahterakan masyarakat lain. Menurut saya itulah peranan bisnis pada kehidupan kita yang memiliki peranan yang penting dalam kehidupan.

D. Klasifikasi Bisnis

Pendekatan Mengidentifikasi Peluang Bisnis
Ada dua fase pendekatan mengidentifikasi peluang bisnis, yaitu:
1. Untuk menemukan gagasan 
a)     Diri sendiri : Diri kita harus mengerti apa yang di butuhkan oleh masyarakat.
b)     Pelanggan : dari pelanggan kita dapat mengetahi kekurangan atau kelebihan produk kita, dan bisa menerima keluhan dari pelanggan. Kita dapat melihat peluang dari keluhan pelanggan tersebut.
c)      Pasar : semua produk pasti akan di perjualkan di pasar. Penjualan itu akan mempengaruhi perekonomian.
d)     Produk yang gagagl : kita bisa belajar dari produk yang gagal. Produk gagal sebagai evaluasi yang mendalam karena produk yang kita buat gagal.
2. Gagasan yang berhubungan dengan peluang bisnis
• Analisis Persoalan
• Analisis Situasi
• Merumuskan “wilayah” yang tidak diketahui
• Mensurvei pelanggan sasaran


Sumber:
http://mognceb.blogspot.co.id/2011/07/identifikasi-peluang-bisnis.html
http://meindadewinta.blogspot.co.id/2011/09/kuis-1.html
http://amikhadija.blogspot.co.id/2012/10/peranan-bisnis-bagi-kehidupan.html
https://atikanafridayanti.wordpress.com/2013/10/18/ruang-lingkup-bisnis-2/
http://mognceb.blogspot.co.id/2011/07/identifikasi-peluang-bisnis.html

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Adelia Nursita Sari - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -