Popular Post

Popular Posts

About

Posted by : adelia nursita sari Minggu, 08 Oktober 2017

Masih Relevankah Koperasi Saat Ini?
            Sebelum kita memasuki pokok pembahasan ada baiknya kita mengetahui arti dari koperasi. Koperasi yang berasal dari bahasa Inggris Cooperation terdiri dari : Co yang berarti bersama dan Operation = bekerja. Koperasi adalah suatu kumpulan orang-orang untuk bekerja sama demi kesejahteraan bersama. Koperasi adalah Badan usaha yang beranggotakan orang – orang dengan menjalankan prinsip kerjan ya koperasi yang berazas kekeluargaan.             Dengan kata lain koperasi itu adalah suatu kumpulan yang mengutamakan usaha bersama yang berazaskan kekeluargaan.Hal ini sudah tercantun pada UNDANG –UNDANG KOPERASI Nomor 25 tahun 1992 pasal 1 ayat 1. “Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip Koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.”
Pengertian pengertian pokok tentang Koperasi :
1.      Perkumpulan orang orang ,termasuk badan hukum yang mempunyai kepentingan dan tujuan yang sama dalam suatu lembaga.
2.      Bergabung secara sukarela menjadi anggota dan mempunyai hak dan kewajiban yang sama sebagai pencerminan demokrasi dalam ekonomi.
3.      Kerugian dan keuntungan ditanggung dan dinikmati bersama secara adil.
4.      Pengawasan dilakukan oleh anggota.
5.      Bersifat saling tolong menolong.
6.      Membayar sejumlah uang sebagai simpanan pokok dan simpanan wajib sebagai syarat menjadi anggota.
             Seperti yang kita ketahui, Koperasi sangatlah membantu masyarakat. Selain bisa mendapatkan barang yang lebih murah dan pinjaman dengan mudah. Selain itu koperasi juga bisa menciptakan rasa kemanusiaan, kemandirian, jujur dan saling berpendapat. Namun dibalik dari kelebihan koperasi itu sendiri, masih terdapat beberapa kelemahan dari koperasi . Salah satunya sulit berkembangnya koperasi karena modal yang terbatas.
            Setelah dilihat dari kelebihan dan kelemahan tersebut, menurut saya terhadap pernyataan berikut tentu masih sangat relevan. Mengapa? Karena Koperasi dapat meringankan kebutuhan masyarakat menengah kebawah. Baik itu berupa barang maupun pinjaman. Selain itu juga, untuk anggota koperasi juga dapat menitipkan barang yang ingin dijual dan anggota juga bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah.
            Berikut adalah alasan mengapa koperasi masih dikatakan relavan:
1.      Bagi anggota koperasi
o   Mudah mendapakan barang dengan cara mengkredit dari hasil gaji
     Bagi para anggota yang menginginkan barang tertentu namun dana yg dibutuhkan tidak mencukupi, anggota bisa membuat perjanjian dengan membayar ketika gaji anggota telah dibagi. Hal ini biasanya dilakukan di koperasi yang ada diperusahaan.
o   Memiliki bunga yang relative kecil untuk pinjaman
     Selain menyediakan berbagai barang pokok sehari-hari, koperasi juga menyediakan peminjaman sejumlah uang untuk keperluan para anggotanya.
o   Anggota dapat menitipkan berbagai jenis barang
     Bagi para anggota yang memiliki usaha sampingan seperti menjual makanan dan minuman, barang olahan tangan dan sebagainya dapat dititipkan dan dijual di koperasi.
o   Bisa mendapatkan keuntungan dari koperasi itu sendiri
     Setiap keuntungan koperasi yang didapat dari hasil penjualan akan dibagikan ke anggota sesuai perhitungan yang telah ditetapkan.
o   Mendapatkan SHU atau Sisa Hasil Usaha setiap satu tahun sekali
     Anggota yang ikut bergabung di salah satu koperasi untuk menabungkan uangnya, pada setiap setahun sekali berhak mendapatkan SHU yang selalu dibagikan satu sekali. Selain pembagian SHU, dilaksanakan pula RAT atau Rapat Anggota Tahunan untuk mengetahui pelaksanaan atau siklus uang yang kita tabungkan di koperasi tersebut. Besar SHU yang didapatkan tergantung seberapa besar kita sebagai anggota menabung di koperasi tersebut.
o   Membuat anggota bisa memiliki investasi
     Investasi disini dapat berupa tabungan yang dimiliki oleh anggota, lalu nantinya ada sistem bagi hasil yang hasilnya akan masuk kedalam tabungan kita.
o   Mendapatkan ilmu berorganisasi
     Selain mendapatkan ilmu mengenai pengetahuan kekoperasian tapi bisa juga didapatkan ilmu berorganisasi, ilmu tersebut bisa didapatkan secara sengaja dengan mengikuti pelatihan atau bisa didapatkan secara tidak langsung. Secara tidak langsung disini misalnya anggota tersebut merangkap sebagai pengurus pula, sehingga dari menjadi pengurus tersebut mendaptkan ilmu berorganisasi
    
2.      Bagi Masyarakat
o   Mendapatkan barang kebutuhan pokok sehari-hari harga terjangkau
     Koperasi ini sendiri menyediakan kebutuhan akan barang-barang pokoksehari-hari sandang, pangan, dan kebutuhan lain yang berbentuk barang lainnya
o   Lebih mudah untuk mendapatkan modal untuk membuka usaha
     Bagi masyarakat yang ingin  membuka usaha namun berkebatasan dalam modal,koperasi juga menyediakan pinjaman dana.

            Menurut Undang-undang No. 25 tahun 1992 Pasal 4 dijelaskan bahwa koperasi memiliki fungsi dan peranan antara lain yaitu mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota dan masyarakat, berupaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia, memperkokoh perekonomian rakyat, mengembangkan perekonomian nasional, serta mengembangkan kreativitas dan jiwa berorganisasi bagi pelajar bangsa.
            Peran koperasi dalam memajukan perekonomian masyarakat dari dulu hingga saat ini  sangat lah banyak. Karena masyarakat dapat meminjam atau berdagang pada koperasi tersebut. Bukan hanya itu saja  peranan yang dilakukan koperasi juga dapat membantu Negara untuk menggembangkan usaha kecil yang ada dalam masyarakat.

KESIMPULAN
            Di zaman sekarang ini, semua kebutuhan baik yang harus dipenuhi maupun yang tidak harus dipenuhi semuanya menunjak mahal harganya dan semakin lama semakin susah untuk dipenuhi. Maka kehadiran Koperasi ditengah-tengah masyarakat sangatlah penting untuk membantu masyarakat itu sendiri serta mengurangi beban pemerintah dalam menjaga kestabilan perekonomian negara.
            Dengan adanya koperasi, terutama bagi rakyat-rakyat kecil sangatlah penting, karena, mulai dari petani yang memerlukan pupuk dan alat pertanian  , nelayan yang memerlukan alat – alat pelayaran  , serta para pengusaha kecil yang mempunyai modal sedikit bias meminjamkan modal kepada koperasi. Jadi koperasi di sana sangat lah menolong masyarakat, karena pelayanan yang diberikan  koperasi sangatlah banyak dan ikut membantu mensejahterakan masyarakat serta para anggotanya , Jadi koperasi sangatlah membantu pemerintah untuk membuka lapangan pekerjaan dan mensejahterakan masyarakat dan anggotanya nya. Serta berperan besar untuk perubahan ekonomi pada masyarakat.

Sumber:

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Adelia Nursita Sari - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -