- Home >
- Tugas 7
Posted by : adelia nursita sari
Minggu, 27 November 2016
PengertianMarketing mix
Marketing Mix adalah kombinasi dari empat variable atau kegiatan yang
merupakan inti dari system pemasaran perusahaan. Yakni : produk, struktur
harga, kegiatan promosi dan system distribusi. Yang dapat dijalankan untuk
bisnis kita dengan menjalankannya secara bersamaan atau gabungan.
Unsur-Unsur dalam Marketing Mix
·
Product (produk)
Produk (product),
adalah mengelola unsur produk termasuk perencanaan dan pengembangan produk atau
jasa yang tepat untuk dipasarkan dengan mengubah produk atau jasa yang ada
dengan menambah dan mengambil tindakan yang lain yang mempengaruhi
bermacam-macam produk atau jasa.
·
Price (harga)
Harga (price), adalah
suatu sistem manajemen perusahaan yang akan menentukan harga dasar yang tepat
bagi produk atau jasa dan harus menentukan strategi yang menyangkut potongan
harga, pembayaran ongkos angkut dan berbagi variabel yang bersangkutan.
·
Place (distribusi)
Distribusi (place),
yakni memilih dan mengelola saluran perdagangan yang dipakai untuk menyalurkan
produk atau jasa dan juga untuk melayani pasar sasaran, serta mengembangkan
sistem distribusi untuk pengiriman dan perniagaan produk secara fisik.
·
Promotion (promosi)
Promosi (promotion),
adalah suatu unsur yang digunakan untuk memberitahukan dan membujuk pasar
tentang produk atau jasa yang baru pada perusahaan melalui iklan, penjualan
pribadi, promosi penjualan, maupun publikasi.
·
Physical Evidence
(sarana fisik)
Sarana fisik (Physical
Evidence), merupakan hal nyata yang turut mempengaruhi keputusan konsumen untuk
membeli dan menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Unsur yang termasuk
dalam sarana fisik antara lain lingkungan atau bangunan fisik, peralatan, perlengkapan,
logo, warna dan barang-barang lainnya.
·
People (orang)
Orang (People), adalah
semua pelaku yang memainkan peranan penting dalam penyajian jasa sehingga dapat
mempengaruhi persepsi pembeli. Elemen dari orang adalah pegawai perusahaan,
konsumen, dan konsumen lain. Semua sikap dan tindakan karyawan, cara berpakaian
karyawan dan penampilan karyawan memiliki pengaruh terhadap keberhasilan
penyampaian jasa.
·
Process (proses)
Proses (Process),
adalah semua prosedur aktual, mekanisme, dan aliran aktivitas yang digunakan
untuk menyampaikan jasa. Elemen proses ini memiliki arti sesuatu untuk
menyampaikan jasa. Proses dalam jasa merupakan faktor utama dalam bauran
pemasaran jasa seperti pelanggan jasa akan senang merasakan sistem penyerahan
jasa sebagai bagian jasa itu sendiri.
Apakah Markering Mix Sama Untuk Semua Barang ?
Marketing mix akan
berbeda untuk setiap jenis barang atau jasa yang di tawarkan hal ini tergantung
dari jenis barang atau jasa yang di tawarkan. Misal untuk jenis usaha dengan
sistem online dan bukan online meskipun keduanya menjual barang yang sama namun
intensitas promosi yang dilakukan penjual online harus lebih banyak dilakukan
untuk penjual onlin dibandingkan dengan yang tidak online misalnya membuka
gerai atau toko. Hal ini menunjukan diperlukannya proporsi yang tepat antara
place dengan promotion. Berbeda tempatnya akan berbeda pula strategi
promosinya. Sehingga berbeda jenis bisnis yang dijalankan marketing mixnya pun
akan berbeda
Orientasi Pasar
Orientasi pasar
merupakan sesuatu yang penting bagi perusahaan sejalan dengan meningkatnya
persaingan global dan perubahan dalam kebutuhan pelanggan dimana perusahaan
menyadari bahwa mereka harus selalu dekat dengan pasarnya. Narver dan
Slater (1990, p.21) mendefinisikan orientasi pasar sebagai budaya organisasi
yang paling efektif dalam menciptakan perilaku penting untuk penciptaan nilai
unggul bagi pembeli serta kinerja dalam bisnis.
Contoh perusahaan yang
menggunakan orientasi pasar adalah TOYOTA , PT UNILEVER dan lain sebagainya
manfaat untuk produsen dalam jangka panjang adalah mencapai keunggulan bersaing
dari fokus ke luar dan berorientasi pada pasar. isu penting dalam pengembangan
keunggulan bersaing meliputi, upaya menciptakan nilai konsumen, menjaga
kepuasan konsumen, membangun hubungan jangka panjang
perusahaan yang tidak
menggunakan orientasi pasar tidak akan mampu bersaing dengan perusahaan lainnya
hal ini di sebabkan karena pengetahuan yang sedikit tentang persaingan dan
kebutuhan pelanggan dengan begitu pelanggan akan lebih tertarik kepada pesaing yang
memiliki penawaran yang lebih baik
Pengaruh Harga Terhadap Produsen dan Konsumen
harga dapat memberikan
dorongan bagi produsen itu disebabkan karena produsen memiliki prinsip ekonomi
yaitu dengan cara menekan biaya produksi untuk menghasilkan barang produksi
sesuai yang diharapkan.
Contoh tindakan
produsen yang berdasarkan prinsip ekonomi, diantaranya ;
Ø
Menggunakan bahan
mentah berkualitas tinggi dengan harga murah
Ø
Menetukan lokasi
pabrik yang dekat dengan bahan baku
Ø
Memilih
dan menetapkan barang yang akan diproduksi
Ø
Menetapkan jumlah
tenaga kerja dan alat-alat produksi agar biaya produksi dapat ditekan serendah-rendahnya
Ø
Membuat
analisis kebutuhan pasar agar barang yang diproduksi dapat laku terjual
Ø
Produsen selalu mengusahakan
agar hasil produksinya dibeli konsumen dengan harga terjangkau dengan mutu yang
baik dan mampu bersaing
Ø
Memperoleh keuntungan
sebesar-besarnya
pengaruh harga bagi
konsumen dalam menetapkan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut adalah
beberapa faktor yang menjelaskan bahwa mengapa harga mempengaruhi konsumen
dalam menentukan pembeliannya
Ø
Harga yang tidak tepat
akan berakibat tidak menarik bagi para pembeli untuk membeli barang
tersebut. Penetapan harga jual barang yang tepat tidak juga selalu berarti
bahwa harga haruslah ditetapkan rendah atau serendah mungkin.
Ø
Ketika harga naik
produsen juga akan menaikkan produksi sedangkan konsumen akan mengurangi
pembelian, sebaliknya jika harga turun produsen akan mengurangi produksi agar
barangnya laku di pasar dan konsumen akan membeli ataupun mengkonsumi lebih
banyak.
Ø
Banyaknya perusahaan
perusahaan lain dalam binis menyebabkan terjadinya persaingan yang tinggi untuk
dapat menjaga posisinya dan bertahan, perusahaan harus memahami karakteristik
konsumen mereka dan memahami bagaimana konsumen dalam memutuskan pembelian,
dengan memahami perilaku konsumen dalam proses pengambil keputusan, maka
perusahaan akan dapat mempengaruhinya, sehingga konsumen tersebut nantinya akan
menggunakan produk mereka.
Ø
Sering dijumpai bahwa
apabila harga barang tertentu itu rendah maka banyak konsumen justru tidak
senang karena dengan harga yang murah itu maka semua orang dapat memakai barang
tersebut. Harga merupakan satu-satunya unsur marketing mix yang
menghasilkan penerimaan penjualan, sedang unsur lain hanyalah unsur biaya saja.
Walaupun penetapan harga merupakan persoalan penting, masih banyak perusahaan
yang kurang sempurna dalam menangani permasalahan penetapan harga tersebut.
Tingkat harga yang ditetapkan perusahaan berperan bagi konsumen dalam
menentukan keputusan pembeliannya, karena dalam keputusan pembeliannya konsumen
mengharapkan kualitas dan performa sesuatu produk atau jasa, harga dan biaya
yang tidak terlalu mahal dalam artian sepadan dengan kualitas produk,
keuntungan sosial sebagai hasil dari pembelian tersebut.
Sumber:
Sumber:
“Pengantar Bisnis Modern”
Dr.Basu Swastha DH.,SE.,MBA , Ibnu Sukotjo W.SE