Popular Post

Popular Posts

About

Posted by : adelia nursita sari Selasa, 06 Juni 2017

     Pada zaman sekarang ini banyak jenis makanan yang beredar di pasar baik dalam kemasan ataupun yang di sajikan secara langsung, akan tetapi kebanyakan masyarakat pasti memilih makanan dalam bentuk kemasan. Karena lebih praktis, di samping itu juga masyarakat cenderung lebih memilih makanan yang enak, renyah, gurih, bernutrisi dan tentunya murah dan menyehatkan. 

Jamur Crispy merupakan salah satu jenis makanan cemilan yang saat ini cukup popular di masyarakat. Jamur Crispy termasuk cemilan sehat dan jika diolah dengan benar dan aman untuk di konsumsi oleh siapa saja. Kandungan protein yang tinggi dari jamur merupakan daya tarik tersendiri bagi para konsumen untuk mengonsumsi jamur sebagai makanan sehari-hari. Selain diolah menjadi sayur, jamur juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi cemilan yang lezat,enak, sehat ,baik untuk sistem kekebalan tubuh dan banyak diminati.
  Sudah banyak sekali wirausahawan yang membuka bisnis kuliner ini. Namun jamur crispy tersebut hanya menyediakan jenis bumbu kering saja. Disinilah kami mendapatkan sebuah ide untuk mengembangkan jamur crispy tersebut dengan bumbu basah. Ide ini kami dapat dari salah satu penyanyi dangdut Indonesia yang dikenal dengan nama Ayu TingTing. Penyanyi kelahiran asal depok ini memiliki bisnis rumahan. Salah satu produknya yaitu Makaroni Basah. Dari situlah kami memiliki ide untuk membuat produk Jamur Crispy dengan bumbu basah. Tetapi kami tetap menjual Jamur Crispy dengan bumbu yang kering agar para konsumen bisa memilih sesuai keinginannya.

STRATEGI PEMASARAN
 Untuk menjaga keberlangsungan usaha kecil menengah ini, kami telah menyediakan strategi pemasaran untuk bisnis kami dengan menerapkan marketing mix yang di kelompokkan menjadi 4 bagian, yaitu :
a.    Product
   Produk adalah segala sesuatu yang di tawarkan oleh produsen kepada konsumen agar diminta, dibeli, dicari, dan diinginkan oleh pasar yang bersangkutan. Produk  yang kami tawarkan yaitu produk jamur crispy yang memiliki kualitas terbaik, dengan nilai gizi yang tinggi, yang sekaligus dapat menyehatkan dan berkhasiat obat. Adapun berbagai jenis bumbu sebagai penambah rasa yang kami gunakan dari bumbu kering sampai bumbu basah(berkuah). Varian rasa bumbu kering yang kami gunakan terdiri dari : balado, sapi panggang, jagung manis, BBQ, dan lain sebagainya. Untuk varian rasa bumbu basah kami yaitu: Balado basah, rendang, sate, BBQ basah, dan masih banyak lagi
b.   Price
   Price merupakan ekspresi nilai yang mengenai kegunaan atau kualitas produk itu sendiri, citra yang terbentuk kelompok kami yaitu melalui promosi, selain itu ketersediaan produk kami melalui pelayanan sehingga pricing bukan semata-mata biaya produksi dan keuntungan saja yang kami ambil, melainkan sebuah nilai yang mencerminkan. Dalam menentukan harga jamur crispy ini, kami memberikan harga yang tepat kepada konsumen agar ikatan antara produsen dan konsumen berjalan dengan baik. Harga yang di tawarkan oleh kelompok kami adalah satu bungkus Rp. 5.000 baik dengan bumbu kering maupun basah
c.    Promotion
    Promotion adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dalam mempromosikan produk, promosi yang kita lakukan melalui brosur dan tatap muka langsung dengan konsumen yaitu dengan melakukan proses komunikasi tentang produk kami jamur crispy. Bahwa produk jamur crispy kami banyak manfaatnya, selain itu kita sebagai produsen harus bisa memberikan komunikasi yang efektif mudah dimengerti oleh konsumen, sehingga konsumen tertarik pada produk kami.
d.   Place
   Place adalah bidang atau wadah yang digunakan sebagai tempat  usaha yang akan kita jalankan nantinya. Kita harus memilih tempat usaha yang sangat berpotensi mendatangkan keuntungan untuk kita. Maka dari itu tempat yang kita pilih harus memiliki kriteria sebagai berikut :
1.) strategis
2.) bisa diakses dengan mudah
3.) dapat dilihat oleh konsumen

Model Bisnis Mr. Jamur
Customer Segment :
   Target customer kami yaitu Semua kalangan baik dari Anak-anak, Remaja, Orang tua atapun Lansia (Tidak ada batasan Usia), Baik dari tingkat Ekonomi Menengah Ke Bawah Maupun dari tingkat Ekonomi Menengah Ke Atas (Semua Kalangan).
Value Propositian :
Kami menjual jamur crispy dengan rasa bumbu yang berbeda. Sehingga konsumen dapat memilih sesuai keinginan.
Channels :
  Pada bisnis ini kami akan menyebarkan bisnis kami secara online dan offline. Secara online kami bisa menyebarkan informasi melalui sosial media. Kami juga menyediakan pesan antar melalui ojek online untuk mempermudah pelanggan.Sedangkan secara offline kami bisa menyebarkan brosur dan memberikan free trial dalam acara – acara tertentu. 
Customer Relationship : 
  Kami menerapkan customer relationship dengan cara pelayanan umum, dengan admin yang sopan dan ramah terhadap customer. Dengan itu good relationship dapat terjalin, serta mereka merasa terlayani dengan puas dan akan kembali lagi untuk membeli produk kami.
Revenue Stream :
Pendapatan bisnis kami didapatkan dari harga jual produk sebesar Rp. 5.000/bungkus dengan keuntungan 30% dari harga jual produk tersebut.
Key Resources : 
   Dalam bisnis ini kami membutuhkan sebuah toko, tenaga kerja manusia serta alat – alat bantu yang dapat mempermudah dalam proses pembuatan produk ini.
Key-Activities :
   Aktivitas yang dilakukan dalam bisnis ini adalah belanja bahan – bahan murah di supplier, memperbanyak pelanggan dengan pendekatan terhadap reseller, memperluas daerah jangkauan untuk melakukan penjualan produk, memberikan promo, manage karyawan untuk menjalankan pelayanan secara online atau offline.
Key Partners :
   Hanya dengan reseller kami untuk mempermudah dalam pemasaran dan memperluas informasi produk kami.
Cost-Structure :
   Untuk memulai bisnis ini, sebisa mungkin kami meminimalisasi biaya yang kami keluarkan agar dapat menciptakan dan menstabilkan pendapatkan yang maksimal.

BISNIS ADVISOR

Reza Murhaliman

  Jika saya memiliki bisnis advisor, saya lebih memilih sang Presiden Maicih yaitu Reza Murhaliman. Karena menurut saya usaha yang telah di lakukan oleh begitu inspiratif bagi saya sendiri karena perjuangan yang di lakukan oleh si pemilik usaha maicih tersebut dia lakukan dari titik nol, dimana dengan hanya modal 15 juta ketika mulai membuka usaha sekarang dia sudah memiliki omset sekitar Rp.800 juta sampai Rp.900 juta dengan total penjualan mencapai 2000 bungkus perhari dan memiliki keuntungan sekitar 30 juta perhari. Dibalik keuntungan yang dia dapatkan juga memiliki keuntungan lain bagi banyak orang di luar sana, yaitu melalui format jendral atau agen. dimana bisnis yang di kelola si presiden maicih ini juga bisa bermanfaat sebagai lapangan kerja untuk orang lain. Karena biasanya usaha yang kebanyakan orang buka hanya mementingkan keuntungan sepihak tanpa memikirkan manfaat dari usaha nya untuk orang lain.
  Saya sendiri juga mempunyai impian kelak di masa yang akan datang bisa menjadi seorang wirausahawan yang tidak hanya sukses tetapi juga usaha yang saya kelola juga bermanfaat bagi lingkungan sekitar saya nantinya.

Referensi :
Nama Kelompok :
Adelia Nursitasari (20216113)
Muhammad Baharudin Alamsyah (24216750)
Shely Apriliana (26216997)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Adelia Nursita Sari - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -